Tatap Muka (Off-line)
Vickery Christian Academy menyelenggarakan pendidikan Kindergarten
mulai dari umur 2.5 tahun sampai dengan kelas 12 yang diselenggarakan 3 kali
seminggu di sekolah dengan pendampingan langsung oleh guru-guru, dan 3 hari
seminggu di rumah dengan pendampingan orang tua. Perencanaan edukasi anak
mengikuti standar performa anak sesuai kurikulum yang ditentukan VCA.
Khusus untuk murid kelas 9 sampai dengan kelas 12, murid tidak
hanya harus memenuhi standar minimum kelulusan, tetapi dengan pendampingan guru
pembimbing, orang tua dan murid juga harus membuat perencanaan tentang
pelajaran dan kegiatan tambahan sesuai dengan tujuan pendidikan lanjutan
setelah murid dinyatakan lulus dari VCA. Persiapan ini termasuk persiapan murid
untuk mengikuti persiapan dan pelaksanaan ujian Paket C, SAT, IELTS dan IGCSE.
Sesuai dengan penerapan standar Classical Christian Curriculum
dengan kualitas yang harus dicapai oleh murid, yaitu motivasi dan kemampuan
untuk belajar mandiri yang ditunjang oleh kemampuan membaca (literasi),
berpikir kritis dan menalar secara tajam (numerasi), membangun karakter,
perilaku dan budi pekerti yang baik; maka murid-murid VCA akan dibagi menjadi: kelompok
Grammar yaitu Kindergarten dan kelas 1-3, kelompok Logic
yaitu kelas 4-6 dan kelas 7-9, dan kelompok Rhetoric yaitu kelas 10-12.
Masing-masing kelompok Grammar, Logic dan Rhetoric dibagi menjadi
beberapa kelas dengan tujuan agar setiap murid dapat disiapkan untuk memiliki
kualitas menjadi murid “liberal arte” atau merdeka – menjadi yang terbaik
sesuai dengan bagaimana Tuhan menciptakan mereka atau “the best version of
themselves”.
Kelas-kelas yang dipersiapkan dalam pelatihan, penguatan, dan penajaman kualitas anak :
- Grade 1 dan Grade 2-3 Non-Reguler;
- Grade 2-3 Reguler;
- Grade 4 dan Grade 5-6 Non-Reguler;
- Grade 5&6 Reguler;
- Grade 7 dan Grade 8-9 Non-Reguler;
- Grade 8-9 Reguler;
- Grade 10 & Grade 11-12 Non-Reguler;
- Grade 11-12 Reguler.
Evaluasi penempatan anak akan dilakukan setiap Semester berdasarkan pemantauan dan penilaian oleh setiap guru mata pelajaran, form teacher, dan guru pembimbing berdasarkan perilaku kedewasaan anak sesuai umur, karakter (penuh perhatian, ketaatan, kejujuran dan tanggung jawab), kemampuan literasi (membaca), kemampuan berpikir dan menalar dan kepemimpinan. Evaluasi penempatan anak akan dilakukan setiap semester berdasarkan pemantauan dan penilaian oleh setiap guru mata pelajaran, form teacher, dan guru pembimbing berdasarkan perilaku kedewasaan anak sesuai umur, karakter (penuh perhatian, ketaatan, kejujuran, dan tanggung jawab), kemampuan literasi (membaca), kemampuan berpikir dan menalar, dan kepemimpinan.
ATURAN DAN KETERTIBAN KELAS OFF-LINE
- Semua kelas Off-line akan diajarkan oleh guru yang berbeda sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan. Setiap kelas akan diawasi oleh Form Teacher, atau guru kelas, yang akan membantu anak-anak untuk tetap fokus sehingga setiap anak dapat membangun kemampuan untuk menyerap pelajaran secara maksimal.
- Orangtua diharapkan untuk masuk kelas dan melihat bagaimana anak berinteraksi dengan guru dan teman-temannya, dan berkonsultasi dengan guru, sehingga setiap permasalahan anak dalam membangun kebiasaan untuk fokus di dalam kelas, kemandirian, dan kemampuan bersosialisai dengan teman bisa semakin ditingkatkan.
- Orangtua yang ada di dalam kelas tidak diperkenankan untuk mengganggu kelas, seperti menginterupsi guru yang sedang mengajar atau sedang mendisiplinkan murid-murid.
- Orangtua yang di dalam kelas juga tidak diperkenankan menyalakan suara dan/atau menerima panggilan handphone, dan juga tidak diperkenankan berbicara dengan orangtua lainnya.
- Orangtua harus bekerja sama dengan guru dalam kondisi-kondisi tertentu, demi membantu perkembangan fokus anak dalam belajar, atau memaksimalkan proses membangun karakter anak.Orangtua diharapkan bersedia berada di dalam kelas, atau untuk tidak berada di dalam kelas dalam waktu-waktu tertentu.
TRAINING UNTUK ORANGTUA KINDERGARTEN SAMPAI KELAS 12
Untuk anak-anak yang mempunyai kebutuhan khusus dalam mengikuti pelajaran di kelas ataupun dalam membangun kemampuan akademis dan interaksi dengan teman dan guru, VCA akan memberikan pelatihan tambahan, dengan syarat setiap sesi kelas tambahan harus dihadiri oleh orangtua juga.
WATCHLIST UNTUK KELAS 4-12
Pemantauan perkembangan kemandirian murid dan kemampuan membangun motivasi (self-motivation) serta disiplin murid (self-discipline), mulai dari kelas 4 sampai kelas 12 akan dilihat melalui target mingguan yang harus dicapai dalam pelajaran Ignitia untuk pelajaran Matematika, Bahasa Inggris (Language Arts) dan Science.
Anak-anak yang tidak bisa mencapai target mingguan akan dipanggil dan bersama orangtuanya, dan harus menghadiri Watchlist Meeting. Kami berharap orangtua dan murid yang hadir dalam Watchlist Meeting akan terus membangun kebiasaan yang baik untuk memotivasi dan mendisiplin diri dalam memanfaatkan setiap waktu secara produktif.